ENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI GARIS DAN SUDUT (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 7 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019)

ARFA, SUHARNI (2019) ENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI GARIS DAN SUDUT (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 7 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (36kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi garis dan sudut melalui pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi garis dan sudut setelah pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended; 3) mengetahui bahwa pendekatan Open-Ended berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi garis dan sudut. Penelitian yang menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest ini menjadikan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate sebagai populasi dan 20 siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Mendapatkan data penelitian ini digunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan 8 butir soal berbentuk essay tentang materi garis dan sudut, observasi menggunakan pedoman observasi. Data kemampuan penalaran matematis siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial, hasil analisis mengatakan bahwa 1) kemampuan penalaran matematis siswa setelah penerapan pendekatan Open-Ended terdapat 3 siswa (15%) dalam kualifikasi gagal, 7 siswa (35%) dalam kualifikasi kurang, 4 siswa (20%) dalam kualifikasi cukup, 3 siswa (15%) dengan kualifikasi baik dan 3 siswa (15%) dengan kualifikasi memuaskan; 2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan interpretasi tinggi 5 siswa (25%) dan interpretasi sedang 15 siswa (75%) secara keseluruhan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dalam interpretasi sedang; 3) pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dalam mempelajari materi garis dan sudut. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Pendekatan Open-Ended, Garis dan Sudut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Jun 2025 23:55
Last Modified: 15 Jun 2025 23:55
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5001

Actions (login required)

View Item View Item