Dikir, Suratni Hi (2019) ENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATIONN PADA MATERI SEGITIGA. (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Satap Maba). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (41kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (36kB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga setelah diterapkannya model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga setelah diterapkan model Tipe Team Asisted Individualization; 3) Penerapan model Pembelajaran Tipe Team Asisted Individualization dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain Siklus I dan Siklus. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII SMP N 3 Satap Maba Tahun 2018-2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk Essay. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu Kriteria Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan kriteria peningkatan yang dihitung menggunakan gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil analisis data menunjukkan 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Kooperatf Tipe Team Asisted Individualization pada materi segitiga diperoleh kualifikasi sangat baik sebanyak 10 siswa (40%), kualifikasi baik sebanyak 12 orang (48%), dan kualifikasi cukup sebanyak 3 orang (12%); 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 0,75 dalam kategori tinggi, 3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization pada materi segitiga. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Model Kooperatit Tipe Team Asisted Individualization,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 00:00 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 00:00 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |