ENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATIONN PADA MATERI SEGITIGA. (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Satap Maba)

Dikir, Suratni Hi (2019) ENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATIONN PADA MATERI SEGITIGA. (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Satap Maba). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (41kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga setelah diterapkannya model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga setelah diterapkan model Tipe Team Asisted Individualization; 3) Penerapan model Pembelajaran Tipe Team Asisted Individualization dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain Siklus I dan Siklus. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII SMP N 3 Satap Maba Tahun 2018-2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk Essay. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu Kriteria Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan kriteria peningkatan yang dihitung menggunakan gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil analisis data menunjukkan 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Kooperatf Tipe Team Asisted Individualization pada materi segitiga diperoleh kualifikasi sangat baik sebanyak 10 siswa (40%), kualifikasi baik sebanyak 12 orang (48%), dan kualifikasi cukup sebanyak 3 orang (12%); 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 0,75 dalam kategori tinggi, 3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization pada materi segitiga. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Model Kooperatit Tipe Team Asisted Individualization,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 16 Jun 2025 00:00
Last Modified: 16 Jun 2025 00:00
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item