ENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSEGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

DJUHA, UDIAWATI (2019) ENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSEGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (37kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan penalaran matematis siswa setelah diberi model pembelajaran numbered head togetherd; 2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran numbered head togetherd; 3) model pembelajaran Numbered Head Togetherd dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persegi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian Quasi Experimenal Desaig), populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 2 Kota Ternate tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 320 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 32 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah semua populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah sampel yaitu siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan penalaran matematis siswa berbentuk Essay. Data dianalisis dengan menggunakan kriteria kemampuan penalaran matematis dengan perhitungan PAP N-gain ternormalisasi dan uji statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan penalaran matematis siswa setelah diberi model pembelajaran Numbered Head Togetherd pada materi persegi secara keseluruan diperoleh kualifikasi sangat baik dengan presentase 37.5%, baik dengan presentase 25%, cukup dengan presentase 34.38% , dan kurang dengan presentase 3.12%; 2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Togetherd dengan interpretasikan sedang; 3) Model pembelajaran Numbered Head Togetherd dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persegi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kota Ternate. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Model Koperatif Numbered Head Togetherd (TPS), Persegi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 16 Jun 2025 00:45
Last Modified: 16 Jun 2025 00:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item