PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI DEBAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

SAPSUHA, JUKIRA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI DEBAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER  SKRIPSI.pdf] Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Jukira Sapsuha. 2023. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Debat dengan Model Problem Based Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Ternate. Dibimbing oleh Sasmayunita, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing I dan Adriani, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbicara melalui debat dengan model Problem Based Learning siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 125 siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 5 Kota Ternate yang sebanyak 25 siswa sebesar 20%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan kesimpulan dapat diketahui hasil penilaian siklus I dalam pembelajaran berbicara melalui debat dengan menggunakan model problem based learning siswa belum mencapai peningkatan nilai yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 73,12. Siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 6 siswa sebesar 24%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 3 siswa sebesar 12%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 9 siswa sebesar 36%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 5 siswa sebesar 20%, dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 2 siswa sebesar 8%, sedangkan hasil penilaian siklus II dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan model problem based learning siswa telah mencapai peningkatan nilai dengan nilai rata rata sebesar 81,92. Siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 9 siswa sebesar 36%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 13 siswa sebesar 52%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 1 siswa sebesar 4%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 2 siswa sebesar 8% dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 0 siswa sebesar 0%. Kata Kunci: Berbicara, Debat, Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QK Bahasa Indonesia
Q Science > QK Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:41
Last Modified: 16 Sep 2025 00:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item