SAPSUHA, JUKIRA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI DEBAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (114kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (158kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (88kB) |
Abstract
Jukira Sapsuha. 2023. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Debat dengan Model Problem Based Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Ternate. Dibimbing oleh Sasmayunita, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing I dan Adriani, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbicara melalui debat dengan model Problem Based Learning siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 125 siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 5 Kota Ternate yang sebanyak 25 siswa sebesar 20%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan kesimpulan dapat diketahui hasil penilaian siklus I dalam pembelajaran berbicara melalui debat dengan menggunakan model problem based learning siswa belum mencapai peningkatan nilai yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 73,12. Siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 6 siswa sebesar 24%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 3 siswa sebesar 12%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 9 siswa sebesar 36%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 5 siswa sebesar 20%, dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 2 siswa sebesar 8%, sedangkan hasil penilaian siklus II dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan model problem based learning siswa telah mencapai peningkatan nilai dengan nilai rata rata sebesar 81,92. Siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 9 siswa sebesar 36%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 13 siswa sebesar 52%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 1 siswa sebesar 4%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 2 siswa sebesar 8% dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 0 siswa sebesar 0%. Kata Kunci: Berbicara, Debat, Model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:41 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 00:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |