MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN SCEINTIFIC (Satuan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2019/2020)

Usia, Emi (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN SCEINTIFIC (Satuan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan sceintific pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 52 Kota Ternate. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi (4) refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes, obervasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate yang berjumlah siswa 17 siswa. penelitian kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus selama tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa model pendekatan sceintific dapat meningkatkan kemempuan berpikir kreatif siswa SD Negeri 52 Kota Ternat. Pada siklus I nila-nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I ini adalah 65,3 dengan rincian nilai 65-84 kategori baik berjumlah 5 siswa,nilai 45-64 kategori lebih cukup berjumlah 10 siswa, nilai 25-44 kategori kurang berjumlah 2 orang, sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan sceintific pada siklus I dapat dikategorikan ke dalam kelompok nilai cukup. . Pada siklus II dapat di jelaskan bahwa dari 17 siswa memperoleh nilai rata –rata 77,23 yang di kelompokan kedalam kategori baik pada siklus II telah tercapai berdasarkan KKM 75. Kata Kunci : Pendekatan Sceintific, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Aug 2025 00:20
Last Modified: 15 Aug 2025 00:20
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5077

Actions (login required)

View Item View Item