PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK PADA POKOK BAHASAN MENIRUKAN DIALOG DALAM TEKS DRAMA DI KELAS III SDN 52 KOTA TERNATE (Satuan Pendidikan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2018/2019)

USMAN, ENDANG (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK PADA POKOK BAHASAN MENIRUKAN DIALOG DALAM TEKS DRAMA DI KELAS III SDN 52 KOTA TERNATE (Satuan Pendidikan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (121kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses belajar siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate dengan menerapkan metode Pair Check pada pokok bahasan menirukan dialog dalam teks drama. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate dengan menerapkan metode Pair Check pada pokok bahasan menirukan dialog dalam teks drama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan dan observasi, dan (3) Tahap refleksi. Pengumpulan data adalah tes (tes soal dan rubrik penilaian), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate yang berjumlah 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dikaksanakan dalam dua siklus selama empat kali pertemuan maka disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa, penerapan metode Pair Check pada siklus I dengan jumlah 18 siswa, dilihat dari rubrik penilaian yaitu 22,22 % dengan nilai rata-rata 65,69 %, dan dilihat dari tes soal yaitu 27,77 % dengan nilai rata-rata 63 %. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dilihat dari rubrik penilaian dengan jumlah siswa 18 yakni 83,33 % dengan nilai rata-rata 85,83 %, dan dilihat dari tes soal yaitu 88,88 % dengan nilai rata-rata 86 %. Dengan demikian penerapan metode Pair Check dapat memningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menirukan dialog dalam teks drama di kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate. Kata Kunci : Penerapan Metode Pair Check

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Aug 2025 00:35
Last Modified: 15 Aug 2025 00:35
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5079

Actions (login required)

View Item View Item