MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PERMAINAN KATA PADA SISWA KELAS III SDN 43 HALBAR (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri 43 Halmahera Barat Tahun ajaran 2018-2019)

DJONI, FADLI (2019) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PERMAINAN KATA PADA SISWA KELAS III SDN 43 HALBAR (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri 43 Halmahera Barat Tahun ajaran 2018-2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (145kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas III SDN Halmahera Barat dalam pemelajarannya menggunakan media kartu gambar dengan metode permainan kata. (2) Mendeskripsikan perubahan sikap siswa kelas III SDN 43 Halmahera Barat, setelah menggunakan media kartu gambar dengan metode permainan kata dalam pemelajaran kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan II siklus dengan masing-masing 2 tindakan pada setiap siklus, dimana tiap siklus terdiri 4tahap kegiatan yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan (c) pengamatan (d) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa terjadi peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia melalui media gambar dengan metode permainan kata. Persentase hasil aktivitas belajar siswa secara keseluruhan pada siklus I adalah 79,99%, Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa 71,67, atau dengan persentase 58% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 dari 12 siswa, Hasil aktivitas siswa pada siklus II adalah 86, 11 %, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus TI dengan nilai rata-rata 83,75 atau 83 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 dari 12 siswa. Hal tersebut sudah memenuhi standar nilai yang telah ditentukan oleh pihak sekolah adalah 75 dengan persentase ketuntasan klasikal 80 %, dan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Kata kunci : Penguasaan Kosakata, Bahasa Indonesia, ermainan kata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Aug 2025 00:50
Last Modified: 15 Aug 2025 00:50
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item