RASID, FITRA (2019) PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 45 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (47kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (144kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (30kB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu 1) 1.Bagaimanakah Penerapan Model example non-example pada pokok pembahasan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dengan menggunakan media gambar 2) Apakah dengan menerapkan Model Example Non-Example dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada Konsep Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Metode Example Non-Exampel dibagi dalam beberapa langkah kegiatan pembelajaran sebagai berikut: (1) Membagi siswa dalam beberapa kelompok, (2) Menempelkan gambar lingkungan sehat dan tidak sehat, (3) Memberikan penjelasan tengtang metode Example Non Example melalui media gambar, (4) Siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya masingmasing, (5) Setelah itu siswa membuat sebuah lingkaran, (6) Guru memberikan lembaran soal kepada siswa untuk dikerjakan. (7) Siswa mengumpulkan lembaran soal dan guru melakukan evaluasi. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas III SD Negeri 45 Kota Ternate dengan menggunakan model Exampel Non-Exampel melalui media gambar pada materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat mengalami peningkatan. Hal ini dpat dilihat dari nilai ketuntasan siklus I dan siklus II, pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas secara individu sebanyak 7 siswa dengan nilai persentasi ketuntasan secara klasikal yaitu 28%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 18 siswa atau 72%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 21 siswa yang dinyatakan tuntas dari jumlah 25 siwa dengan nilai persentasi mencapai 84%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa atau 16%. Untuk aktiviats guru pada siklus I dalam pembelajaran mencapai nilai rata-rata 70% dan aktiviats siswa mencapai nilai rata-rata 65%, sedangkan pada siklus II mengalamai peningkatan untuk aktiviats guru dalam pembelajaran mencapai nilai rata-rata 90% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 82,5%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Exapmpe Non-Example, Media Gambar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 00:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 00:57 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |