PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI TINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 57 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019)

HASAN, MULYATI (2019) PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI TINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 57 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (37kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (46kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika di SD Negeri 57 Kota Ternate belum menggunakan media pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang jaring-jaring kubus dan balok melalui pembelajaran dengan penggunaan media tiga dimensi. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang jaring-jaring kubus dan balok di kelas V SD Negeri 57 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment untuk melihat pengaruh pemberian perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen). Desain dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan sampel total dimana semua populasi dijadikan sampel, yaitu siswa kelas V semester genap di SD Negeri 57 Kota Ternate yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistic Uji-t. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 16,81 > ttabel sebesar 2,063 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%. Sehingga hasil belajar matematika dipengaruhi oleh penggunaan media tiga dimensi. Kata kunci: Media Tiga Dimensi, Hasil belajar, Matematika Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:19
Last Modified: 15 Sep 2025 03:19
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item