PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTS S. AL-MARUF ONA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK

FOKATEA, NURLENA (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTS S. AL-MARUF ONA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (59kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (21kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (81kB)

Abstract

NURLENA FOKATEA, 2023. Peningkatan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas VIII MTS S. AL-MA’RUF Ona Dengan Menggunakan Model Talking Stick, Selaku Pembimbing l Dr. Muamar Abd Halil S.Pd.M.Pd dan Pembimbing II Rafik M Abassa, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktifitas peningkatan keterampilan menulis penggalaman dengan menggunakan model pembelajaran talking stick siswa kelas VIII MTS S. AL-MARUF ONA. Mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis penggalaman dengan menggunakan model pembelajaran talking stick siswa kelas VIII MTS S. AL MARUF ONA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang digunakan sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi (pengamatan), tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif dan skala interval. Berdasarkan hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I, diperoleh data bahwa kinerja guru kurang optimal. Hal ini terbukti, karena pelaksanaan proses pembelajaran memperoleh nilai rata-rata dari hasil evaluasi belajar siswa mencapai 65.25%. Oleh karena itu, proses pembelajaran terlaksana dengan kurang baik, sehingga langkah-langkah pembelajaran dalam rencana pembelajaran tidak sesuai dengan kehendak peneliti. Adapun hasil penelitian, pengamatan pada siklus II, diperoleh data bahwa siswa pada saat proses pembelajaran, sangat optimal. Hal ini terbukti, karena pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata rata mencapai 80,25%. Untuk itu, proses pembelajaran terlaksana dengan baik, sehingga langkah pembelajaran sesuai dengan kehendak peneliti. Kata Kunci Menulis, Menceritakan Pengalaman, Model Talking Stick.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QK Bahasa Indonesia
Q Science > QK Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:41
Last Modified: 16 Sep 2025 00:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5124

Actions (login required)

View Item View Item