PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE

SILLIA, FITRIYANI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)

Abstract

Fitriyani Sillia, 03052011032. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Ternate. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Rafik M Abasa, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Darlisa Muhamad S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan sejauhmana peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran problrm based learning siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Ternate, dan Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemempuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Ternate. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini yang digunakan adalah siswa kelas XI dengan jumlah keseluruhan sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi teks eksplanasi dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan, dilihat dari nilai rata-rata yang dipero leh di setiap siklus. Siklus I dengan nilai rata-rata 71,44% sedangkan siklus II dengan nilai rata-rata 82,64%. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Problem Based Learning, Teks Eksplanasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QK Bahasa Indonesia
Q Science > QK Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:53
Last Modified: 16 Sep 2025 00:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item View Item