Rusman, Djumyati (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (168kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (268kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (260kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (177kB) |
Abstract
Djumyati Rusman 2024. “Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel” Di Bawah Bimbingan Nurma Angkotasan, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Hasriani Ishak, S.Si., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap belajar siswa sebelum diterapkan model problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap belajar siswa setelah diterapkan model problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan (3) Model problem based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design. Adapun desain penelitian one Group Pretest-Posttest dengan satu kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Kota Ternate. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VIII-2 di SMP Negeri 4 Kota Ternate sebelum diterapkan model problem based learnig terdapat siswa dengan kriteria rendah. Sikap belajar siswa terdapat 5 siswa dengan kriteria cukup baik dan 25 siswa kriteria kurang baik, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Kota Ternate setelah diterapkan model problem based learning dapat dilihat kriteria tinggi sebanyak 10 siswa (33,3%), kriteria sedang sebanyak 6 siswa (20%) dan kriteria rendah sebanyak 14 siswa (46,7%) memperoleh nilai rata-rata 66,94. Sikap sikap belajar siswa diperoleh 1 siswa (3,3%) kriteria sangat baik, 26 siswa (86,7%) kriteria baik, 3 siswa (10%) kriteriaa cukup baik diperoleh nilai rata-rata 68,80. dan (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap belajar siswa setelah penerapan model problem based learning dalam kriteria sedang, sehingga dapat dikatakan efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap belajar siswa. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap belajar siswa maka hipotesis diterima berarti bahwa terdapat keefektifan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Kota Ternate. Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Sikap Belajar Siswa, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:32 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 01:32 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |