ANALISIS KESALAHAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

TAMRIN, FATMAWATI (2024) ANALISIS KESALAHAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Fatmawati,2024. Analisis Kesalahan Konsep Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan SMP Negeri 2 Kota Ternate. dibawa bimbingan Bapak Dr. Hery Suharna S,Pd. M,Sc. Dan Ibu Marwia Bakar S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konsep yang dilakukan oleh siswa kelas VII-8 SMP Negeri 2 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal pecahan, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini melibatkan empat subjek, terdiri dari dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan, yang diberikan tes dengan tiga butir soal yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat berbagai jenis kesalahan: tidak menyamakan penyebut, salah mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, dan kesalahan dalam mengoperasikan bilangan bulat pada operasi perkalian. Dari hasil tes, ditemukan bahwa pada butir soal pertama, 75% siswa melakukan kesalahan dalam menyamakan penyebut, sedangkan pada butir soal kedua, 100% siswa mengalami kesalahan serupa. Analisis wawancara menunjukkan bahwa siswa kurang memahami konsep dasar pecahan, yang mengarah pada kesalahan dalam penyelesaian soal. Selanjutnya, analisis triagulasi data dari hasil wawancara dan pekerjaan siswa menunjukkan konsistensi dalam kesalahan yang dilakukan, menandakan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep pecahan masih rendah. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis pemahaman konsep untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, terutama materi pecahan. Kata Kunci: Kesalahan Konsep, Pecahan, Penjumlahan, Pengurangan, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:43
Last Modified: 17 Sep 2025 01:43
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item