PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR

ARJAN, LISA AFRIYANTI (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER LISA AFRIYANTI ARJAN.pdf] Text
A. COVER LISA AFRIYANTI ARJAN.pdf - Published Version

Download (15kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Lisa Afriyanti Arjan 2024. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Aljabar” Di Bawah Bimbingan Dr. Ida Kurnia Waliyanti, S.Si., M.Sc. dan Winda Syam Tonra, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-1 MTs Negeri 1 Kota Tidore sebelum dan setelah diterapkannya model problem based learning (PBL) pada materi operasi aljabar. 2) apakah teradapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-1 MTs Negeri 1 Kota Tidore pada materi operasi aljabar setelah diterapkannya model problem based learning (PBL). 3) bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-1 MTs Negeri 1 Kota Tidore pada materi operasi aljabar setelah diterapkannya model problem based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan one grup pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTs Negeri 1 Tidore berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 2 nomor yang memuat lima indikator KPKM, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk menjelaskan gambaran kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning. Analisis inferensial untuk menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian. Hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-1 MTs Negeri 1 Tidore sebelum diterapkan model problem based learnig terdapat siswa 20 siswa dengan persentase 100 masuk pada kategori rendah. Setelah diterapkan model problem based learnig terdapat 6 siswa (30 ) masuk pada kategori tinggi, 9 siswa (45 ) pada kategori sedang, dan 5 siswa (25 ) pada kategori rendah. 2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model problem based learning pada materi operasi aljabar dalam kategori sedang dilihat dari hasil kualifikasi nalai N-Gain yaitu sebesar 0,52 dan diperkuat oleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa maka hipotesis diterima berarti model problem based learning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Operasi Aljabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:04
Last Modified: 17 Sep 2025 02:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5204

Actions (login required)

View Item View Item