ANAS, NURLAILA (2024) KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIS SISWA MTs NEGERI 1 TIDORE PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER NURLAILA ANAS.pdf - Published Version Download (92kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (154kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (160kB) |
Abstract
Nurlaila Anas. 2024. Kemampuan Penalaran Indutif Matematis Siswa Mts Negeri 1 Tidore Pada Materi Teorema Pythagoras Melalui Penerapan Model Project (PjBL) (suatu penelitian pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tidore Tahun Ajaran 2024/2025). Penelitian di bawah bimbingan Dr Karman La Nani S.Pd., M.Si. dan Bapak Dr. H. In Hi Abdullah, S.Pd., M.Si, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan penalaran induktif matematis siswa kelas VIII MTs N 1 Tidore pada materi teorema phytagoras yang diterapkan model PjBL lebih baik dibandingkan yang diterapkan model pembelajaran konvensioanal, 2) penerapan model PjBL dan konvensional secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan penalaran induktif matematis siswa kelas VIII MTs N 1 Tidore setelah diterapkan model PjBL dan model konvensional, 3) peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa kelas VIII MTs N 1 Tidore pada materi teorema Phytagoras antara yang diterapkan model PjBL lebih tinggi dibandingkan yang diterapkan model pembelajaran konvensional, 4) perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa kelas VIII MTs N 1 Tidore antara yang diterapkan model PjBL dan model pembelajaran konvesional. Penelitian ini menggunakan jenis Control Group Design dengan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII B MTs Negeri 1 Tidore masing-masing berjumlah 21 siswa, Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 4 nomor, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh : 1) Kemampuan penalaran induktif matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tidore pada materi teorema phytagoras yang diterapkan model PjBL lebih baik dibandingkan yang diterapkan model pembelajaran konvensional. 2) penerapan model Project Based Learning dan pembelajaran konvensional secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan penalaran induktif matematis siswa, 3) Peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa yang diterapkan model PjBL lebih tinggi dibandingkan yang diterapkan PK. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Tidore antara yang diterapkan model PjBL dan PK. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Induktif, Model Project Based learning, Materi Phytagoras.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:30 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:30 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |