UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING FASE E SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE

M.Taher,, Safitri (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING FASE E SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

Safitri M.Taher, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Fase E SMA Negeri 1 Kota Ternate.Pembimbing I Dr. Andi Tenri Padang Agustang, S.Sos., M.Pd dan Pembimbing II Tamrin Robo, S.Pd.,M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi siklus hidrosfer dan biosfer Fase E SMA Negeri 1 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana, penelitian ini dimaksut untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2024-2025 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran geografi dengan materi siklus hidrologi dan biosfer dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dari presentase siswa yang tuntas KKM sebesar 40% kemudian meningkat menjadi 82 % pada siklus II Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QE Geology
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:56
Last Modified: 17 Sep 2025 03:56
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item