PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PENJUMLAHAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

YASIR, FITRIYANTI (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PENJUMLAHAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini menggunkan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan matematika reaklistik ( PMR) pada materi penjumlahan siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dengan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 48 Kota Ternate yang berjumlah 22 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 11 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data adalah Observasi, Tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam menentukan peningkatan adalah menggunkan rumus NGain Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa, pembelajaran melalui PMR , hasil belajar matematika siswa pada tahap siklus I terdapat 6 siswa yang belum mencapai nilai indikator KKM, sebesar persentase 27,27%, sementara 16 siswa lainnya dinyatakan belum memenuhi peningkatan sebesar 73%. Hal ini pun terjadi pada aktivitas guru (63,39%) dan aktivitas siswa (56,39%). Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan yakni dimana terdapat 17 siswa mencapai nilai KKM dengan persentase 77,27% dan 5 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 22,73%, begitupun aktivitas guru meningkat menjadi (91,46%) dan aktivitas siswa meningkat menjadi (83,09%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Pendekatan Matematika Realistik (PMR) ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 48 Kota Ternate. Kata Kunci : PMR. Penjulmahan, Peningkatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:32
Last Modified: 17 Sep 2025 06:32
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item View Item