UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KOTA TERNATE

BUGIS, MARDIANA A. (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (209kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (299kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB)

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui Bagaimana proses penerapan model talking stick pada pemelajaran keterampilan beribicara siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kota Ternate 2) Untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari empat tahapan rangkaian yaitu: Tahap Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Sujek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah keterampilan berbicara siswa pada siklus I menunjukan bahwa dari jumlah 30 siswa yang hadir terdapat 14 siswa atau 46% siswa yang mencapai ketuntasan KKM sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 16 siswa atau 54% dengan nilai rata-rata 58% pada siklus I. Dilanjutkan dengan siklus II yang mengalami peningkatan ketuntasan sebanyak 23 siswa atau 76% dan 24% atau 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 73% pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate Kata Kunci : keterampilan, berbicara melalui model talking stick

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 07:00
Last Modified: 17 Sep 2025 07:00
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5275

Actions (login required)

View Item View Item