PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS I SD NEGERI 5 KOTA TERNATE

SARIF, NURIYATI (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS I SD NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas I SD Nengeri 5 Kota Ternate dengan penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I dengan jumlah 18 siswa diamana terdapat 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mengunkan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil tes numerasi siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan kemampuan numerasai secara klasikal dan menghitung persentase hasil aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada siklus diamana siklus I diperoleh ketuntasan dengan persentase 27,78% sebanyak 5 siswa, aktivitas guru 62,00% dan aktivitas siswa 62,23%. Kemudian siklus II diperoleh ketuntasan siswa dengan presentase 94,45% sebanyak 17 siswa, aktivitas guru meningkat menjadi 88,00% dan aktivitas siswa 86,67%. Berdasarkan hasil persentase di atas dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas I SD Negeri 5 Kota Ternate. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Numerasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 23:37
Last Modified: 17 Sep 2025 23:37
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item View Item