PEMETAAN LEVER BERPIKIR BUTIR SOAL UTS/PTS DAN UAS/PAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR ALKHAIRAT 02 KALUMATA KOTA TERNATE

ALI, NURJAHIDA M. (2024) PEMETAAN LEVER BERPIKIR BUTIR SOAL UTS/PTS DAN UAS/PAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR ALKHAIRAT 02 KALUMATA KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemetaan level berpikir butir Soal UTS/PTS dan UAS/PAS pada pembelajaran tematik kelas tinggi (IV, V dan VI) di Sekolah Dasar Alkhairat 02 Kalumata Kota Ternate berdasarkan Taxonomi Bloom. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis dokumen.Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumtesi.Teknik analisa data menggunakan teknik analisis data yaitu tuknik kualitatif dan beberapa langkah sistematis. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan soal UTS/PTS dan UAS/PAS kelas tinggi IV, V dan VI tahun pelajaran 2023-2024 yang dibuat oleh pihak sekolah pada dimensi kognitif Taksonomi Bloom Hasil dari jumlah rata-rata di atas adalah menjumlahkan setiap mata pelajaran yang terdapat pada ranah kognitif dengan setiap aspek kemudian dibagi keseluruhan mata pelajaran UTS/PTS kelas IV. Hasil pemetaan secara keseluruhan berdasarkan tingkatan berpikir kognitif keterampilan berpikir dasar (LOTS) sebesar 88,05% dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebesar 7,69%. tingkatan berpikir kognitif keterampilan berpikir dasar (LOST) sebesar 91,7% dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (LOTS) sebesar 4,75%. tingkatan berpikir kognitif keterampilan berpikir dasar (LOTS) sebesar 93,13% dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebesar 0,95%.tingkatan berpikir kognitif keterampilan berpikir dasar (LOTS) sebesar 88,9% dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebesar 10,8%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan ranah kognitif pada soal UAS/PAS kelas IV. berdasarkan tingkatan berpikir kognitif keterampilan berpikir dasar (LOTS) sebesar 66,58% dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (LOTS) sebesar 28,18%. keterampilan berpikir dasar (LOTS) sebesar 83,2% dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebesar 16,62%. ranah kognitif pada soal UAS/PAS kelas V masih berada pada ranah kognitif berpikir dasar. Disimpulkan bahwa karakteristik pada soal UTS/PTS dan UAS/PAS kelas tinggi berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada aspek mengingat (C1), aspek memahami (C2) dan aspek menerapkan sudah berada tingkat yang tinggi sedangkan aspek menganalisis (C4) berada pada tingkat yang rendah. Sedangkan pada aspek mengevaluasi(C5) dan aspek mencipta (C6) masih sangat kurang. Kata kunci: Pemetaan Level Berpikir Butir Soal UTS/PTS dan UAS/PAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 23:45
Last Modified: 17 Sep 2025 23:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item