PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAGNET, LISTRIK DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN DI KELAS V SD PERTIWI I KOTA TERNATE

Muksin, Vira Yuniar (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAGNET, LISTRIK DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN DI KELAS V SD PERTIWI I KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Magnet, Listrik dan Teknologi Untuk Kehidupan Di Kelas V SD Pertiwi 1 Kota Ternate. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Magnet, Listrik dan Teknologi Untuk Kehidupan Di Kelas V SD Pertiwi 1 Kota Ternate. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa dimana terdapat 16 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasil aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada siklus dimana siklus I diperoleh ketuntasan belajar dengan persentase 16,66% sebanyak 5 siswa, aktivitas guru 53,12% dan aktivitas siswa 50%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan persentase 90% sebanyak 27, aktivitas guru meningkat menjadi 93,75% dan aktivitas siswa 98,33% Berdasarkan hasil persentase di atas dapat dikatakan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Magnet, Listrik dan Teknologi Untuk Kehidupan Di Kelas V SD Pertiwi 1 Kota Ternate. Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:49
Last Modified: 18 Sep 2025 00:49
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5296

Actions (login required)

View Item View Item