PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DI KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE

BASOA, WIWIN (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DI KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 1 organ gerak hewan di kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate. Untuk Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran direct instruction pada tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan, adapun tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada Siklus I dengan nilai rata-rata presentase yaitu 53,2 dengan jumlah siswa tuntas 4 siswa (16%) dan siswa tidak tuntas yaitu 21 siswa (84%) untuk aktivitas guru 63,95% dan aktivitas siswa 59,52%. Sedangkan pada tes ketuntasan belajar siswa siklus II dengan nilai rata-rata presentase yaitu 76,8 dengan jumlah siswa tuntas yaitu 22 siswa (88%) dan siswa tidak tuntas yaitu 3 siswa (12%) untuk aktivitas guru 84,52% dan aktivitas siswa 92,85%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct instruction pada tema 1 subtema 1 organ gerak dapat meningkatkan hasil belar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate Kata Kunci: Pembelajaran Langsung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:56
Last Modified: 18 Sep 2025 00:56
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5299

Actions (login required)

View Item View Item