PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS X MA ALKHAIRAAT TOLONUO (HALUT) PADA MATERI SUKU BANYAK

Eteke, Astri (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS X MA ALKHAIRAAT TOLONUO (HALUT) PADA MATERI SUKU BANYAK. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (141kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

Astri Eteke, 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Kelas X MA Alhairaat Tolonuo (Halut) Pada Materi Suku Banyak Nurma Angotasan, S.Pd. M.Pd. Dan Dr. H. In Hi. Abdullah, S.Pd., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model problem based learning 2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas X MA Alkhairaat tolonuo (Halut), 3) Peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa X MA Alkhairaat tolonuo (Halut) setelah diterapkan model problem based learning (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Alkhairaat tolonuo (Halut) yang berjumlah 20 siswa, jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri. Teknik tes berupa uraian yang terdiri dari 3 butir soal, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu tafsiran aspek metakognitif, dan gain ternormalisasi (N-Gain). Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas X Mas Alkhairaat Tolonuo (Halut) sebelum diterapan model problem based learning, tes awal menunjukan bahwa kategori sedang sebanyak 5 siswa dengan presentase 25% dan kategori rendah sebanyak 15 dengan presentase 75%. Setelah pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning, kategori tingggi sebnyak 12 siswa dengan presentase 60% dan kategori sedang sebanyak 8 siswa dengan presentase 40%. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi suku banyak. Peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning pada materi suku banyak dalam kategori sedang Kata Kunci :Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Materi Suku Banyak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:45
Last Modified: 18 Sep 2025 01:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item View Item