Sapsuha, Bela Magfira (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA KELOMPOK B TK IT ALBINA KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER .pdf - Published Version Download (104kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (173kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) |
Abstract
Bela Magfira Sapsuha 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match Menggunakan Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelas B di TK IT Albina. Pembimbing: Dr, Rosita Wondal, S.Pd.,M.Pd dan Nurhamsa Mahmud, S.Pd.,M.Pd Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini yaitu masih ada anak-anak yang belum mengenal dengan betul tentang berhitung permulaan seperti bentuk angka, membilang angka 1-20, rendahnya kemampuan berhitung permulaan disebabkan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menggunakan kartu bergambar terhadap kemampuan berhitung permulaan anak. Metode penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini 24 anak kelas B TK IT Albina. Dengan analisis data regresi sederhana dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil rerata presentasi Pretest (66,406%) dan Posttest (91,404%) pada anak setelah diberi perlakuan denan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menggunakan kartu bergambar. Terdapat pengaruh dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Hasil perhitungan dengan uji anova dengan nilai F hitung = 76,392 dengan signifikan 0,001<0,05. Hasil uji coefficient yang diperoleh Y=36,294 + 0,830X dengan hasil t hitung = 8,740 sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel adalah positif, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match mengunakan kartu bergambar yang semakin tinggi (sering) maka kemampuan berhitung permulaan anak akan semakin berkembang. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Make A Match, Kartu Bergambar, Berhitung Permulaan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:08 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |