Sapsuha, Riska Fitriani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS DI SMK NEGERI 5 KEPULAUA N SULA. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (59kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (9kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (149kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (80kB) |
Abstract
Riska Fitriani Sapsuha, 2024 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks Di SMK Negeri 5 Kepulauan Sula. Pembimbing Dr. H. Muhammad Amin dan Ilham S.W Mauraji. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks Di SMK Negeri 5 Kepulauan Sula. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X berjumlah 25 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 21.0. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh dari uji Paired Sampel T Test thitung > ttabel (32,129 > 1.708) maka Ha diterima Ho di tolak. Sehingga model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajara siswa dengan besar pengaruh yang diperoleh dari uji nilai sebesar 0,26 dengankategori rendah. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Reaksi Redoks.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QD Kimia Q Science > QD Kimia |
Divisions: | > Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:01 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:01 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |