PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 69 SATAP HALMAHERA SELATAN

ARBAIN, SAHMIR (2024) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 69 SATAP HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. Cover.pdf] Text
A. Cover.pdf - Published Version

Download (29kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar kognetif siswa yang diajarkan dengan mengunakan model pembelajaran picture and picture pada materi sistem ekskresi pada Manusia kelas VIII SMP Negeri 69 Satap Halmahera Selatan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada materi sistem ekskresi pada Manusia di kelas VIII Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana peniliti ingin mengupayakan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 69 Satap Halmahera Selatan dengan model picture and picture yang dilakukan dalam proses siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK adalah siklus refleksi diri yang berbentuk spiral dalam rangka melakukan proses perbaikan terhadap kondisi dan dalam rangka menemukan caracara baru yang lebih baik efektif untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Hasil belajar Siswa pada Siklus I dapat menunjukkan persentase siswa tuntas 45% dan belum tuntas 55% sehingga hasil belajar pada pembelajaran Siklus I belum mencapai nilai KKM (75). Model pembelajaran picture and picture dapat diketahui bahwa dari 20 siswa yang ada dalam kelas tersebut hanya 9 Perserta Didik yang nilainya termasuk dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata 71.8 dengan presentase ketuntasan 45%. Sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa pada siklus I aktivitas guru 66% dan siswa 65%. Hasil belajar pada siklus II menunjukkan bahwa siswa telah tuntas 100% jadi hasil belajar pada pembelajaran siklus II seluruh siswa tuntas atau berhasil mencapai KKM (75). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Biologi dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 69 Halmahera Selatan. Kata kunci : model pembelajaran picture and picture.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:06
Last Modified: 18 Sep 2025 06:06
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item