PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 51 KOTA TERNATE

GABI, STETY (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 51 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Stety Gabi, 2019 : Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas III SD Negeri 51 Kota Ternate. Pembimbing : Bahran Taib S.Psi., MSi dan Dr. Umar M. Sadjim M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran time token pada mata pelajaran IPS pokok bahasan pentingnya semangat kerja siswa kelas III SD Negeri 51 Kota Ternate, jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Adapun tahapannya yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan observasi , dan 3) refleksi. Subjek penelitian ini berjumblah 13 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran time token. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda (PG) sebanyak 10 nomor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yaitu dilihat dari beberapa persen tingkat keberhasilan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran time token dapat meningkatkan hasil belajar IPS khususnya materi pentingnya semangat kerja di kelas III SD Negeri 51 Kota Ternate. Hal ini menunjukan ketuntasan siswa pada siklus I sebanyak 4 siswa atau 30,7% dari 13 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumblah rata-rata pada siklus I 67,69%. Sedangkan pembelajaran siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan. Dari 13 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas, siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 92,30% dengan skor rata-rata 89,23%. Atau dalam skala deskriptif kategori baik. Kata kunci : Hasil belajar, model time token.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:44
Last Modified: 18 Sep 2025 06:44
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item View Item