DAMPAK BULLYING DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA GALALA KECAMATAN JAILOLO

Muin, Mulyanti (2024) DAMPAK BULLYING DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA GALALA KECAMATAN JAILOLO. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

Mulyanti Muin, 2024. Dampak Bullying Dalam Perkembangan Soisial Emosional Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Galala Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat Pembimbing Fatoni Achmad S.Pd.I.,M. Pd.I dan Yulia Novita Sari, S. Pd.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Kesehatan mental akibat dari bullying dan cara mengatasinya serta faktor-faktor yang menyebabkan perilaku bullying pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Galala Kecamatan Jailolo Kabupaten Halamahera Barat metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di lakukan pada subjek penelitian berjumlah 2 orang anak korban bullying dan 2 orang guru Teknik pengumpulan data yang di lakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang dampak bullying dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfdal Desa Galala Kecamatan Jailolo terkait dengan indikator 1). kesadaran diri, terlihat keduanya sering di ejek oleh teman-temannnya dan anak kesulitan untuk mengungkapkan perasaan atau emosi mereka keduanya tampak bingung, tertutup, dan tidak mau berbicara tentang apa yang mereka rasakan.hal ini karena kurangnya keterampilan mengungkapkan emosi mereka 2). bertanggung jawab untuk diri sendiri anak inisial SR dan MK yang menjadi korban bullying belum menunjukan sikap tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain hal itu karena anak sering di sisihkan oleh teman-temannya dan dengan mudahnya di ejek dan sering di tertawakan oleh teman-temannya hal ini perlu untuk di ajarkan bahwa menjaga diri sendiri itu sangat penting.3). perilaku prososial, anak yang mnjadi korban bullying belum mampu mengontrol emosi dan sosial yang kurang baik hal ini karena kesulitan mendapatkan kesempatan atau dukungan untuk mengembangakan sikap mereka. hal ini guru juga perlu mengajarkan mereka untuk mengenali dan mengungkapkan emosi mereka sendiri. Kata kunci: Bullying, Perkembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:03
Last Modified: 19 Sep 2025 06:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item