PENGARUH KEBERADAAN MINIMARKET ALFAMIDI DAN INDOMARET TERHADAP PENDAPATAN USAHA PEDAGANG WARUNG KELONTONG DI KECAMATAN TERNATE TENGAH

BESE, NINGSI M. (2024) PENGARUH KEBERADAAN MINIMARKET ALFAMIDI DAN INDOMARET TERHADAP PENDAPATAN USAHA PEDAGANG WARUNG KELONTONG DI KECAMATAN TERNATE TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (26kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (248kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

Perkembangan pasar di Indonesia semakin luas seiring dengan perkembangan ekonomi. Keberadaan minimarket dapat berdampak positif dan negatif terhadap pedagang tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minimarket Alfamidi dan Indomaret terhadap pendapatan usaha pedagang warung kelontong dan mengetahui faktor apa yang berpengaruh terhadap pendapatan usaha pedagang warung kelontong di Kecamatan Ternate Tengah. penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan jenis eks-postfacto (ex-postfacto) tipe corelasional research. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 20 responden pedagang warung kelontong. Pengumpulan data menggunakan kuesioner angket respon pedagang, obeservasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan aplikasi ArcGIS untuk untuk analisis Average Nearest Neighbor (ANN) dan uji regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa analisis tetangga terdekat (ANN) pola sebaran lokasi minimarket di Ternate Tengah adalah mengelompok (clustered), -10,031746 < -2,58 yang berada di luar daerah kritis uji hipotesis dengan nilai Nearest Neighbor Ratio 0,390421. Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kehadiran minimarket Alfamidi dan Indomaret terhadap pendapatan usaha pedagang warung kelontong dengan hasil uji regresi berganda menunjukan bahwa nilai signifikansi 0.031 < 0,05. Hasil Regression Coefficients menunjukkan faktor harga, lokasi, teknik promosi, diversivikasi produk minimarket berpengaruh secara signifikan tehadap pendapatan warung kelongtong dengan nilai sigifikan, 0,025 < 0,05 Kata Kunci: Minimarket, pendapatan, warung kelontong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QE Geology
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 23:55
Last Modified: 18 Sep 2025 23:55
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5385

Actions (login required)

View Item View Item