PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 56 KOTA TERNATE

SULIANA, SULIANA (2019) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 56 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Suliana 2019. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampua Menulis Surat Undangan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 56 Kota Ternate. Dibimbing oleh: Dr. Samsu Somadayo, M.Pd dan Darmawati S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya materi surat undangan tidak resmi melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V SD Negri 56 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negri 56 Kota Ternate yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman penilaian tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis khusunya materi surat undangan tidak resmi pada kelas V SD Negeri 56 Kota Ternate. hal ini dapat di buktikan dari hasil belajar siswa pada siklus 1 terdapat 9 siswa atau atau 29,03% yang tuntas dari 31 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata 67,02%. Sedangkan dalam pembelajaran siklus II hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas, siswa yang tuntas terdapat 25 siswa atau 80,64% dengan skor rata-rata 80,02%. siswa yang tidak tuntas terdapat 6 siswa atau 19,35%. Dilihat dari hasil belajar siswa siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 51,61%. Kata Kunci: Pendekatan CTL Kemampuan Menulis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Sep 2025 00:14
Last Modified: 19 Sep 2025 00:14
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item