PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI ANAK PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 60 HALMAHER BARAT (Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 60 Halmahera Barat Tahun Pelajaran 2018/2019)

PIPA, YENI SILORA (2019) PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI ANAK PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 60 HALMAHER BARAT (Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 60 Halmahera Barat Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (63kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Yeni Silora Pipa 2019. Penerapan Model Experiental Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 60 Halmahera Barat. Dibimbing oleh: Darmsawati S.Pd., M.Pd dan Kodrat Hi Karim S.Pd. M.Pd Tujuan penelitian ini untuk mmendiskripsikan penggunaan model eksperiental learning dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi anak pada siswa kelas IV SD Inpres 60 Halmahera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3)tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Pengumpulan data dan analisis data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 60 Halmahera Barat yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus selama empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran experiental learning berhasil meningkatkan dalam kemampuan menulis puisi anak. Hasil rata-rata pada siklus 1 adalah 50.4%. Kemudian pada siklus II meningkatkan menjadi 78,66%. Pada aktifitas guru siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 65,62% dan siklus II meningkatkan menjadi 87,5. Dengan demikian model pembelajaran experiental learning dapat meningkatkan pembelajaran menulis puisi anak pada siswa kelas IV SD Inpres 60 Halmahera Barat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Experiental Learning, keterampilan Menulis Puisi Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:06
Last Modified: 19 Sep 2025 01:06
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item View Item