ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN) PADA KELOMPOK B DI PAUD TELKOM TERNATE

Fahri, Riskalawati (2024) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN) PADA KELOMPOK B DI PAUD TELKOM TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

Riskalawati Fahri, 2024. Analisis Pelaksanaan Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Pada Kelompok B Di PAUD Telkom Ternate, pembimbing Umikalsum Arfa, S.Pd., M.Pd dan Bahran Taib, S. Psi.,M.Si Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model PAIKEM Pada Kelompok B Di PAUD Telkom Ternate. Metode penilitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek penilitian sebanyak 4 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis pelaksanaan model PAIKEM pada kelompk B Di PAUD Telkom Ternate dapat disimpulkan bahwa : Aspek 1) Pembelajaran aktif, guru selalu memberikan pertanyaan pemantik di awal belajar, terdapat 8 dari 30 anak belum dapat mengemukakan pendapatnya. Aspek 2) pembelajaran inovatif, guru menciptakan media sederhana untuk anak yang mudah di jumpai, terdapat 5 dari 30 anak belum bisa meniru kembali pembelajaran yang disiapkan oleh guru. Aspek 3) pembelajaran kreatif, guru menyiapakn kegaitan puzlle gambar pak pos dan melipat amplop terdapat 5 dari 30 anak belum bisa melakukan dikarenakan anak belum memiliki jiwa kreativitas Aspek 4) pembelajaran efektif, guru menciptakan ruang kelas yang semenarik mungkin, terdapat 5 dari 30 anak belum melakukan kegiatan yang guru siapkan. Aspek 5) pembelajaran menyenagkan, guru melakukan suatu gemes – games kecil ,terdapat 3 dari 30 anak bulum berpartsipasi dalam pembelajaran sehingga anak tidak merasa asyik dan nyaman. Kata kunci : Model PAIKEM PAUD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:04
Last Modified: 19 Sep 2025 06:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5416

Actions (login required)

View Item View Item