IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBATIK DALAM MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK KELAS B DI TK ALKHAIRAAT BASTIONG KOTA TERNATE

Sapsuha, Sitmi (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBATIK DALAM MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK KELAS B DI TK ALKHAIRAAT BASTIONG KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (321kB)

Abstract

Sitmi Sapsuha, 2024. Implementasi Kegiatan Membatik Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Di TK Alkhairaat Bastiong Kota Ternate. Pembimbing Bahran Taib, S.Psi.,M.Si dan Winda Oktaviani, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan membatik di TK Alkhairaat Bastiong Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 2 orang guru dan anak kelas B, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi kegiatan membatik dalam memstimulasi motorik halus anak kelas B di TK alkhairaat bastiong kota ternate terkait dengan indikator 1) Kerapian dalam membatik, Sebelum kegiatan mewarnai atau membatik, guru memberikan penjelasan dan contoh terlebih dahulu, untuk membantu anak-anak memahami dan mengikuti proses membatik dengan rapi. Guru juga menyadari bahwa tidak semua anak dapat langsung mengikuti pola yang diarahkan dengan benar karena beberapa masih kurang fokus, Jika ada anak yang kesulitan, guru membantu dengan memegang tangan anak dan menunjukkan cara membatik yang rapi, terdapat 12 anak yang sudah mampu membatik dengan rapi atau benar pada saat kegiatan membatik dan 4 anak belum mampu membatik dengan rapi atau tidak sesuai dengan arahan guru. 2) Meniru bentuk, Guru memberikan contoh dan arahan yang mudah dimengerti sebelum kegiatan dimulai, agar anak-anak memahami pola yang disediakan. Guru menggunakan pola sederhana yang mudah diikuti dan menjelaskan cara meniru bentuk dengan benar, terdapat 12 anak yang sudah mampu meniru bentuk dengan rapi, dan 4 anak belum mampu meniru bentuk dengan rapi pada saat kegiatan. Kata Kunci: Kegiatan Membatik, Motorik Halus Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:04
Last Modified: 19 Sep 2025 06:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item