ANALISIS PENERAPAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 KOTA TERNATE

Muhammad, Sulastri (2024) ANALISIS PENERAPAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (395kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of K. DAFTAR  PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB)

Abstract

Sulastri Muhammad,2024 Analisis penerapan program PAUD holistik intergratif di TK kemala bhayangkari 01 kota ternate. Pembimbing I Dr.Rosita Wondal S.Pd. M.Pd dan Bahran Taib. S. Psi. M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan program PAUD holistik integratif di TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Ternate. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini melibatkan dua subjek, yaitu seorang guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program PAUD holistik integrative di TK Kemala Bhayangkari 01 mencakup lima aspek utama: 1) Layanan Pendidikan: Pengembangan potensi anak dilakukan sesuai usia dan perkembangan masing-masing anak melalui proses pembelajaran di kelas. 2) Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan: Kerja sama dengan puskesmas, rumah sakit Bhayangkara, dan layanan pemeriksaan mata serta gizi dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak, termasuk pemberian vitamin A. 3) Layanan Pengasuhan: Pendekatan pengasuhan melibatkan guru, orang tua, dan komite sekolah serta kegiatan parenting. 4) Layanan Perlindungan: Perlindungan anak dijamin dengan pengawasan ketat oleh guru dan kepala sekolah serta pengamanan lingkungan sekolah yang dilengkapi pagar dan pintu. 5) Layanan Kesejahteraan: Apresiasi diberikan kepada guru dalam bentuk penghargaan, serta ada kebijakan untuk tidak memaksa pembayaran uang sekolah bagi anak yang kurang mampu. Penelitian ini mengindikasikan bahwa implementasi program PAUD holistik integratif di TK Kemala Bhayangkari 01 berjalan efektif dalam mendukung perkembangan dan kesejahteraan anak. Kata Kunci: Program PAUD holistik integratif; taman kanak-kanak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:05
Last Modified: 19 Sep 2025 06:05
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5422

Actions (login required)

View Item View Item