Udin, Adrianti (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERARIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TEPELEO. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (109kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (88kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (227kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (166kB) |
Abstract
Adrianti Udin, 2024. Meningkatkan Hasil siswa dalam proses pembelajaran PKN Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tepeleo. Dibimbing oleh Ibu Darmawati Hadi, S.Pd.,M.Pd dan Ibu Selvi Wulandari, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tepeleo pada model pembelajaran Kooperarif Tipe STAD pada materi PKN. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tepeleo yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian ini menggunakan model Kooperati tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV pada materi PKN siklus I dan siklus II.siklus 1 terdapat nilai rata-rata 70-90 dengan presentasi 68,7% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 89,9%. Aktivitas siswa di siklus I rata-rata 70,83% dan aktivitas pada siklus II meningkat menjadi 83.33%. model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV SD Negeri 1 Tepeleo. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:05 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |