MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITARKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR)

Jamaludin, Aprilyani (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITARKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR). Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of SAMPUL JUDUL.pdf] Text
SAMPUL JUDUL.pdf - Published Version

Download (66kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (14kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (1MB)

Abstract

Aprilyani Jamaludin, 2024: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 5 Kota Ternate Pada Subtema I Hewan Disekitarku Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Augmented Reality (AR). Dibimbing oleh: (1) Eko Purnomo,S.Pd.,M.Pd (2) Wawan Suprianto Nadra,S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperative tipe Times Game Tournament (TGT) Berbantuan media Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Negeri 5 Kota Ternate Pada Subtema 1 Hewan Di Sekitarku.dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperative tipe Times Game Tournament (TGT) Berbantuan media Augmented Reality (AR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri 5 Kota Ternate pada Subtema 1 Hewan Disekitarku. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 32 siswa dimana terdapat 20 siswa laki-laki dan 12 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung presentase hasil aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada siklus dimana siklus I di peroleh ketuntasan belajar dengan presentase 22% sebanyak 7 siswa, aktivitas guru 61,66% dan aktivitas siswa 79,17%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan presentase 84% sebanyak 27 siswa, aktivitas guru meningkat menjadi 88% dan aktivitas siswa 98%. Model pembelajaran model pembelajaran kooperative tipe Times Game Tournament (TGT) Berbantuan media Augmented Reality (AR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 5 Kota Ternate. Kata kunci : Times Game Tournament (TGT) , media Augmented Reality (AR), Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:05
Last Modified: 19 Sep 2025 06:05
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item