Ramli, Cici (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SD NEGERI 15 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (132kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (88kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (96kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pkn siswa kelas IV sd negeri 15 kota ternate, setelah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media canva mengetahui besar peningkatan hasil belajar dalam mata Pelajaran PKn. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada setiap siklus. Siklus I hasil belajar siswa yang tuntas dengan nilai di atas KKM sebanyak 6 siswa sedangkan siswa belum mencapai standar KKM sebanyak 12 siswa dengan nilai rata-rata yaitu 33,33%. Maka penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Kota Ternate dinyatakan belum berhasil. Kemudian dilanjutkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dan yang belum tuntas sebnayak 5 siswa dengan nilai rata-rata 71,66% dan presentase peningkatan 72,22% dengan perbandingan presentase siklus I dan siklus II yaitu 38,89%. Maka penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Kota Ternate dinyatakan berhasil. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Media CanvaABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pkn siswa kelas IV sd negeri 15 kota ternate, setelah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media canva mengetahui besar peningkatan hasil belajar dalam mata Pelajaran PKn. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada setiap siklus. Siklus I hasil belajar siswa yang tuntas dengan nilai di atas KKM sebanyak 6 siswa sedangkan siswa belum mencapai standar KKM sebanyak 12 siswa dengan nilai rata-rata yaitu 33,33%. Maka penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Kota Ternate dinyatakan belum berhasil. Kemudian dilanjutkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dan yang belum tuntas sebnayak 5 siswa dengan nilai rata-rata 71,66% dan presentase peningkatan 72,22% dengan perbandingan presentase siklus I dan siklus II yaitu 38,89%. Maka penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Kota Ternate dinyatakan berhasil. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Media Canva
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:47 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:47 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |