ANALISIS PENERAPAN KARTU PREPAID BAGI PENUMPANG DI PELABUHAN FERRY BASTIONG

UMABAIHI, NOVIYANTI UMABAIHI (2024) ANALISIS PENERAPAN KARTU PREPAID BAGI PENUMPANG DI PELABUHAN FERRY BASTIONG. Diploma thesis, Universitan Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (100kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

Noviyanti Umabaihi, 06362111003. Analisis Penerapan Kartu Prepaid Bagi Penumpang Di Pelabuhan Ferry Bastiong. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Khairun. Pembimbing I Sunaidin Ode Mulae, Pembimbing II Srilian Laxmiwaty. Semakin bertambahnya jumlah penumpang kapal feri membuat munculnya beberapa masalah diantaranya antrian untuk pembelian tiket yang panjang dan menumpuk membuat PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan berbagai strategi untuk mempermudah penumpang dalam memberikan kenyamanan, keamananan dan kelancaran perjalanan. Digitalisasi dalam pelayanan menjadi salah satu strategi yang dilakukan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada proses pembelian tiket yang awalnya dilakukan pembayaran secara manual dan di ubah menjadi elektornik tiket (e-ticket) dengan sistem pembayaran menggunakan kartu prepaid. Perkembangan digitalisasi ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan kartu prepaid yang secara tidak langsung dapat melihat respon dari penumpang atau penggunaan jasa kapal feri di pelabuhan ferry bastiong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang didukung dengan pengmpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian penumpang menilai bahwa kartu prepaid sangat efektif karena menawarkan efisiensi dalam bertransaksi, mengurangi kebutuhan membawa uang tunai dan mempercepat proses pembayaran. Sebaliknya, ada sebagian penumpang lainnya menilai bahwa kartu prepaid kurang efektif karena adanya biaya administrasi atau Top-Up, jaringan yang sering bermasalah pada saat pencetakkan tiket serta keterbatasan pengetahuan penggunaan kartu prepaid. Perbedaan pandangan ini menunjukkan bahwa efektifitas kartu prepaid sangat bergantung pada preferensi dan kebutuhan individu masing-masing penumpang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pandangan penumpang terhadap kartu prepaid di Pelabuhan Ferry Bastiong terbagi. Sebagian merasa kartu ini efektif untuk efisiensi transaksi dan pembayaran, sementara yang lain menganggapnya kurang efektif karena biaya tambahan, masalah jaringan, dan keterbatasan pengetahuan. Efektivitas kartu prepaid bergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing penumpang. Kata Kunci: Digitalisasi, Kartu Prepaid, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PX travel agent
Divisions: > Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata
> Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata
> Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Rini 1
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:04
Last Modified: 22 Sep 2025 05:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item