Muhammad, Mina h (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS X MA DARUL KHAIRAAT TAFAMUTU KOTA TERNATE PADA PELAJARAN GEOGRAFI. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (92kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (98kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (164kB) |
Abstract
Mina h Muhammad, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keaktifan Pesrta Didik Kelas X MA Darul Khairaat Tafamutu Kota Ternate Pada Pelajaran Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun. Di bawah bimbingan Ibu Risky Nuri Amelia,S.Pd.,M.Pd dan Ibu Asnita Ode Samili,S.Pd.,M.Pd. Project based learning (PJBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media untuk meningkatkan keaktifan belajar peseta didik, salah satunya pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan belajar peseta didik pada mata pelajaran geografi Kelas X MA Darul Khairaat Tafamutu Kota Ternate. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Darul Khairaat Tafamutu Kota Ternate tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dengan menggunakan analisis data berupa rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas guru pada siklus I persentase sebesar 75,00% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II skor 91,67% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan, keaktifan peserta didik dari siklus I dan siklus II dengan menerapkan model project based learning diperoleh nilai persentase siklus I skor 52,67% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II skor 90,00% dengan kriteria baik. Dari pengolahan tingkat dan terjadi perbedaan disetiap siklus pembelajaran, artinya terdapat peningkatan tingkat keaktifan pesera didik dengan penerapan model project based learning (PJBL) dari sebelumnya. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Keaktifan peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QE Geografi Q Science > QE Geografi |
Divisions: | > Pendidikan Geografi > Pendidikan Geografi > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:04 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:04 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |