UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN RESTORAN ANDRAWINA DI BELA HOTEL TERNATE

UMASUGI, PITHA UMASUGI (2024) UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN RESTORAN ANDRAWINA DI BELA HOTEL TERNATE. Diploma thesis, Universitan Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Laporan Tugas Akhir Pitha Umasugi, judul Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Restoran Andrawina Di Bela Hotel Ternate, dibawah bimbingan Ibu Halida Nuria S.S.,M.Si dan Anastazia Niatri Watimena,S.I.P,M.H.I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis kemudia dianalisis menggunakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yang digunakan dalah onservasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan dan upaya peningkatan mutu pelayanan pada restoran Andrawina Bela Hotel Ternate. Manfaat pada penelitian inia dalah dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk peningkatan serta pengembangan kerja karyawan,untuk selalu memperbaiki pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) di bidang industri lain khususnya Bela Hotel Ternate. Dari hasil pembahasan fokus pada mutu pelayanan yang diterapkan pada Restoran Andrawina Bela Hotel Ternate. Dalam menjaga kepuasan tamu guna untuk menarik perhatian para tamu ketika tamu berkunjung di suatu restoran maka waiterss harus memastikan bahwa mereka berpenampilan rapih, bersih dan sopan serta mampu memastikan segala kebutuhan dan keinginan tamu dapat terpenuhi agar terhindar dari complain para tamu selama tamu masi berada di restoran sampai meninggalkan restoran. Mutu pelayanan yang diberikan Restoran Andrawina Bela Hotel Ternate yaitu restoran yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman untuk tamu, di restoran tamu bisa memesan secara langsung makanan atau minuman pada waiter/waitres. Pelayanan di restoran tidak beroperasional selama 24 jam biasanya di buka pada saat breakfast, lunch dan dinner. Strategi yang di lakukan untuk meningkatkan dan mempertahankan pelayanan restoran Andrawina Bela Hotel Ternate, manager F&B melakukan efaluasi kerja setiap pergantian shiff dan melakukan training materi tentang pelayanan pada karyawan setiap seminggu sekali. Sehingga pelayanan dari karyawan terhadap pengunjung dapat menjamin kepuasan tamu selama berada di Andrawina Bela Hotel Ternate. Kata Kunci:Mutu Pelayanan, Restoran,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PX travel agent
Divisions: > Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata
> Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata
> Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Rini 1
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:04
Last Modified: 22 Sep 2025 05:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item View Item