PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 5 KOTA TERNATE PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN

Bandari, Putri Ayu (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 5 KOTA TERNATE PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB)

Abstract

Putri Ayu Bandari, 2024 :Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate Pada Tema 6 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan 2024. Pembimbing Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd., M.Pd dan Asri Tamalene, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Cooperative tipe NHT untuk siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate pada tema 6 subtema 3 pengaruh kalor terhadap terhadap kehidupan. Dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate pada tema 6 subtema 3 pengaruh kalor terhadap kehidupan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan subjek penelitian yaitu siswa kelas V dari jumlah siswa 26 orang terdiri dari laki-laki 11 orang prempuan 15 orang.Teknik tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasik dan untuk mengetahui persentase hasil aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan pada setiap siklus. Di mana siklus I diperoleh ketuntasan belajar dengan persentase 11,53% sebanyak 3 siswa aktivitas guru 50% dan aktivitas siswa 46,8%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar 23 siswa dengan persentase 88,46%, aktivitas guru meningkat menjadi 87,5% dan aktivitas siswa 96,87%. Berdasarkan hasil persentase di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Model Cooperative tipe NHT pada pembelajaran subtema 3 pengaruh kalor terhadap kehidupan dapat meningkat hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate. Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative, NHT, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:52
Last Modified: 23 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5527

Actions (login required)

View Item View Item