Duwila, Sarmi (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 51 KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (101kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (99kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (185kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Sarmi Duwila. 2024. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri 51 Kota Ternate dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Sebagai pembimbing utama Dr. Samsu Somadayo, S.Pd, M.Pd. Sebagai pembimbing pendamping Wawan Suprianto Nadra, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitianini 1. Mendeskripsikan proses penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 51 Kota Ternate pada subtema 1 Organ Gerak Hewan. 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 51 Kota Ternate dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 51 Kota Ternate dengan jumlah siswa 10 siswa yang terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan. rancangan/tahap penelitian terdiri perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Prosedur pengumpulan data yakni teknis tes dan non tes. Analisis data terdiri ketuntasan klasikal, daya serap, dan nilai rata-rata. Hasil penelitian ini adalah peningkatan proses dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction selama kegiatan pembelajaran dapat dilihat berdasarkan hasil observasi yang meliputi: aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, aktivitas siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan meningkatkan rasa ingin tau dan keberanian siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 66% untuk siklus II sebesar 82%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65% untuk siklus II 80%. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dan II karena siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema 1 organ gerak hewan dan manusia pada siswa kelas V SD Negeri 51 Kota Ternate. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Instruction, Organ Gerak Hewan dan Manusia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:48 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |