ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA KELAS II SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH

Rahayu, Sri (2024) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA KELAS II SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER SKRIPSI.pdf] Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (68kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (13kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas II SD pertiwi 1 dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan bilangan cacah; (2) mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas II SD Pertiwi 1 dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan bilangan cacah, dan (3) mendeskripsikan alternatif solusi cara mengatasi kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan bilangan cacah bagi siswa kelas ii sekolah dasar. berdasarakan hasil tes dan hasil wawancara, diperoleh kesulitan belajar matematika yang disebabkan oleh faktor internal, diantarnya (1) kebiasaan belajar, (2) sikap dan motivasi siswa, (3) minat belajar siswa, dan (4) kemampuan keindraan. sedangkan pendiskripsian dari faktor eksternal, diantaranya adalah (1) fasilitas pembelajaran, (2) hubungan siswa dengan guru, dan (3) metode pengajaran yang digunakan oleh guru. Hasil rekapitulasi tes dari 22 siswa kelas II SD Pertiwi 1 Kota Ternate, menunjukkan bahwa terdapat 20 orang siswa menjawab soal nomor 1 dengan benar, untuk soal nomor 2 terdapat 18 orang menjawab dengan benar, soal nomor 3 terdapat 9 orang yang menjawab dengan benar, soal nomor 4 terdapat 16 orang menjawab dengan benar, dan untuk soal nomor 5 terdapat 8 orang menjawab dengan benar dari jumlah lima butir soal tes uraian tersebut. jika dilihat dari tingkat penguasaan materi PBC atau capaian hasil belajar menunjukkan bahwa siswa kelas II SD Pertiwi 1 Kota Ternate telah mencapai 72,73%. Dari hasil analisis data di temukan bahwa jumlah 22 siswa, 2 orang (9,09%) termasuk dalam klasifikasi sangat baik, 8 orang (36,36%) termasuk dalam klasifikasi baik, 6 orang (27,27%) termasuk dalam klasifikasi cukup, 4 orang (18,18%) termasuk dalam klasifikasi kurang, dan 2 orang (9,09%) termasuk dalam klasifikasi sangat kurang. simpulnya bahwa terdapat 16 siswa (72,73%) dinyatakan tuntas, dan 6 siswa (27,27%) dinyatakan tidak tuntas dalam menyelesaikan soal tes pbc. penetapan ketuntasan yang dicapai ini didasarkan atas standar nilai kkm mata pelajaran matematika yang ditetapkan oleh SD Pertiwi 1 Kota Ternate, yakni (70). Kata Kunci: analisis kesulitan, operasi hitung penjumlahan, faktor penyebab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:48
Last Modified: 23 Sep 2025 06:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item View Item