PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Taher, Deviyanti (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

Deviyanti Taher 2024. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Problem Based Learning (PBL)” (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Tidore Kepulauan) Di Bawah Bimbingan Dr. Ida Kurnia Waliyanti S.Si.,M.Sc dan Nurma Angkotasan S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. 3) Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi system persamaan linaer dua variabel Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 3 Kota Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, yaitu Pre-test dan Post-test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variable sebelum penerapan model problem based learning sebesar 39,91 dan sesudah penerapan model problem based learning sebesar 58,73, 2)Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel, dan 3)Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel dalam kategori sedang Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaaan Linear Dua Variabel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:27
Last Modified: 24 Sep 2025 00:27
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5572

Actions (login required)

View Item View Item