PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI BANGUN DATAR (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII-D SMP Islam 1 Kota Ternate 2023/2024)

Kapailu, Lili Haryani (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI BANGUN DATAR (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII-D SMP Islam 1 Kota Ternate 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of CAVER.pdf] Text
CAVER.pdf - Published Version

Download (214kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (286kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (287kB)

Abstract

Lili Haryani Kapailu, 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Datar (Segiempat dan Segitiga) SMP Islam 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024 di bawah bimbingan Ariyanti Jalal, S.Pd., M.Pd dan Diah Prawitha Sari, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas VII SMP Islam 1 Kota Ternate. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VII setelah diterapkannya model Problem Based Learning. Desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pretest dan posttest yang berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (paired sample t-test). Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning mencapai 3% untuk kualifikasi sangat baik, 40% untuk kualifikasi baik dan untuk kualifikasi cukup mencapai 46% dengan rata-rata kelas yaitu 66,67. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-D SMP Islam 1 Kota Ternate yaitu thitung lebih besar dari ttabel yaitu 12,922 > 2,032. Kata Kunci : Kemampuan pemecahan Masalah dan Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item