PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI POKOK PENTINGNYA KONSEP INTEGRASI NASIONAL DI KELAS X SMA NEGERI 11 HALMAHERA BARAT Oleh: ELLISA Hi

Hi. HUSEN, Ellisa (2024) PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI POKOK PENTINGNYA KONSEP INTEGRASI NASIONAL DI KELAS X SMA NEGERI 11 HALMAHERA BARAT Oleh: ELLISA Hi. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (261kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

Ellisa Hi. HUSEN (2024). Penerapan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok pentingnya Konsep Integrasi Nasional di kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat”. Dibawah bimbingan sebagai pembimbing I Dr. Mohtar Kamisi, S.Pd., M.Si dan sebagai pembimbing II Jainudin Abdullah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pentingnya konsep integrasi nasional di Kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. (2) untuk mengukur ke evektifan pengajaran menggunakan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pentingnya konsep integrasi nasional di kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah (PTK), Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat, yang berjumlah 16 peserta didik. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah untuk menentukan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal. Hasil peneletian Tinjauan penggunaan Metode Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I (68,2%) menjadi siklus II (86,8%) yang dikategorikan berhasil. Berapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pokok pentingnya konsep integrasi nasional di kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. Dalam hal ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Small Group Discussion pada materi pentingnya konsep integrasi nasional, hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I (68,2%) menjadi siklus II yaitu (86,8%), terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,6% menunjukan bahwa metode Small Group Discussion layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran atau dalam hal ini dikategorikan berhasil. Kata Kunci: Hasil Belajar Penerapan Metode Small Group Discussion

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5600

Actions (login required)

View Item View Item