Hi. HUSEN, Ellisa (2024) PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI POKOK PENTINGNYA KONSEP INTEGRASI NASIONAL DI KELAS X SMA NEGERI 11 HALMAHERA BARAT Oleh: ELLISA Hi. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (103kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (261kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (354kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (93kB) |
Abstract
Ellisa Hi. HUSEN (2024). Penerapan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok pentingnya Konsep Integrasi Nasional di kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat”. Dibawah bimbingan sebagai pembimbing I Dr. Mohtar Kamisi, S.Pd., M.Si dan sebagai pembimbing II Jainudin Abdullah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pentingnya konsep integrasi nasional di Kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. (2) untuk mengukur ke evektifan pengajaran menggunakan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pentingnya konsep integrasi nasional di kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah (PTK), Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat, yang berjumlah 16 peserta didik. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah untuk menentukan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal. Hasil peneletian Tinjauan penggunaan Metode Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I (68,2%) menjadi siklus II (86,8%) yang dikategorikan berhasil. Berapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pokok pentingnya konsep integrasi nasional di kelas X SMA Negeri 11 Halmahera Barat. Dalam hal ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Small Group Discussion pada materi pentingnya konsep integrasi nasional, hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I (68,2%) menjadi siklus II yaitu (86,8%), terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,6% menunjukan bahwa metode Small Group Discussion layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran atau dalam hal ini dikategorikan berhasil. Kata Kunci: Hasil Belajar Penerapan Metode Small Group Discussion
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:51 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:51 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |