PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PROGRAM LINEAR (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kota Ternate Tahun Ajaran 2022/2023)

Abd. Gani, Marlina (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PROGRAM LINEAR (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kota Ternate Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK.pdf] Text
D. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of F. 1 BAB I.pdf] Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version

Download (580kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB)

Abstract

Marlina Abd. Gani 2024. “Penerapan Model Problem Solving Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Program Linear” (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kota Ternate Tahun Ajaran 2022/2023) Di Bawah Bimbingan Dr. Ida Kurnia Waliyanti S.Si.,M.Sc dan Nurma Angkotasan S.Pd., M.Pd. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan berpikir reflektif matematis berdasarkan minat belajar siswa setelah diterapkan model problem solving pada materi program linear. 2) Peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis belajar siswa setelah diterapkan model problem solving pada materi program linear. 3) Penerapan model problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis dan minat belajar siswa pada materi program linear Desain penelitian ini menggunakan one grup pretest posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kota Ternate Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non-tes (angket). Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)kemampuan berpikir reflektif matematis siswa berdasarkan minat belajar matematis siswa yaitu, a)Siswa dengan kemampuan berpikir reflektif matematis kategori tinggi ada 20 siswa, dengan 17 siswa memiliki minat belajar kategori tinggi dan 3 siswa dalam kategori sedang. b)Siswa dengan kemampuan berpikir reflektif matematis kategori sedang ada 10 siswa, dengan 8 siswa memiliki minat belajar kategori tinggi dan 2 siswa kategori sedang. 2)Terdapat peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem solving pada materi program linear, dan 3)Peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem solving pada materi program linear dalam kategori sedang Kata kunci: Problem Solving, Berpikir Reflektif Matematis, Minat Belajar, Program Linear

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5603

Actions (login required)

View Item View Item