HIDDEN CURRICULUM PEMBELAJARAN NILAI NILAI TOLERANSI DAN KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA NEGERI 2 PULAU MOROTAI

Sibilo, Fijai (2024) HIDDEN CURRICULUM PEMBELAJARAN NILAI NILAI TOLERANSI DAN KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA NEGERI 2 PULAU MOROTAI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (311kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak dicapai (1) Untuk mengetahui implementasi hidden curriculum pembelajaran nilai nilai toleransi dan kerjasama pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Pulau Morotai, (2) Untuk mengetahui adakah faktor pendukung dan penghambat terhadap implementasi hidden curriculum pembelajaran nilai nilai toleransi dan kerjasama pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 2 Pulau Morotai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan penarikan kesimpulan dapat diketahui (1) implementasi Hidden Curriculumpembelajaran PPKn lebih menekankan kepada proses Strategi yang dilakukan dalam Ppkn dengan menumbuhkan nilai toleransi dan kerjasama melalui pembelajaran di Sekolah SMA Negeri 2 Pulau Morotai kelas melalui (1) menumbuhkan sikap toleransi diantara semua siswa, (2) pembelajaran yang efektif serta penguasan mata pelajaran PPKN tentang toleransi yang baik, serta memperkuat tali silaturahmi antara siswa dan guru, (2) faktor pendukung pembelajaran di Sekolah SMA Negeri 2 Pulau Morotai terkait menumbuhkan nilai toleransi dan kerjasama yaitu adalah kebijakan sekolah yang adil, guru guru selalu bersikap toleran, sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih terdapat siswa belum sadar, rasa persaudaraan siswa yang mulai memudar, strategi pembejaran guru yang kurang efektif. Kata Kunci: Hidden Curriculum, Nilai nilai Toleransi dan Kerjasama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item View Item