Abadan, Fikram (2024) UPAYA MENANAMKAN NILAI- NILAI RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN Ppkn PADA PESERTA DIDIK DI MTS AR-RAIYAN NANG KOKOTU KECAMATAN BACAN BARAT KABUPATEN HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (200kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (250kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (333kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (185kB) |
Abstract
Fikram Abadan (2023) “Upaya Menanamkan Nilai- Nilai Religius Dalam Pembelajaran Ppkn Pada Peserta Didik Di Mts Ar-Raiyan Nang Kokotu Kecamatan Bacan Barat Kabupaten Halmahera Selatan ” Dibawah bimbingan sebagai pembimbing I Dr. Irwan Djumat, S.Ag.,M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Mohtar Kamisi,S.Pd,.M.Si. Tujuan Penelitian ini Mengetahui Upaya kemampuan Nilai-nilai Religius dalam pembelajaran PPKn pada peserta didik di MTs.Ar-Raiyan Nang Kokotu.Mengetahui Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembelajaran Ppkn Pada Peserta Didik di Mts.Ar-Raiyan Nang Kokotu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulah bahwa Upaya menanamkan nilai karakter religius dalam pembelajaran PPKn di MTs.Ar- Raiyan dengan cara a. menyisipkan nilai reiligius di dalam pembelajaran PPKn di kelas. Selain itu guru menyiapkan materi tentang nilai akhlak. Nilai akhlak dianggap penting karena akhlak merupakan faktor penentu cara berperilaku seseorang. Seseorang yang mempunyai akhlak baik akan otomatis berperilaku baik pula. Begitupun sebaliknya, orang yang mempunyai akhlak buruk otomatis perilakunya juga buruk. Ditanamkannya nilai akhlak menjadi salah satu upaya guru menjadikan peserta didik menjadi pribadi yang bisa diterima di masyarakat kelak b. Faktor pendukung dan penghambat yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PPKn pada peserta didik MTs.Ar-Raiyan Nang Kokotu. Strategi dan peran penting di dalam pembentukan perilaku peserta didik, mengingat guru guru adalah orang tua kedua yang dipercaya setelah orang tua dalam mendidik dan membimbing anak. Guru memiliki peran dalam proses pembelajaran sebagai pendidik, pengajar, dan pelatih. Guru dikatakan sebagai pendidik karena dia telah menyajikan tugas kependidikan sebagaimana tugas orang tua. Kata Kunci: Nilai- Nilai Religius Dalam Pembelajaran Ppkn Pada Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:51 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:51 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |