Ridwan, Nurlela (2024) STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR KEPADA PERSERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. CAFER.pdf - Published Version Download (166kB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAC.pdf - Published Version Download (107kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (225kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9kB) |
Abstract
Nurlela Ridwan (2024) “Strategi Guru PPKn Dalam Menanaman Karakter Kemandirian Belajar Kepada Perserta Didik kelas VII SMP Negeri I Kota Ternate” Dibawah bimbingan sebagai pembimbing I Nani I Rajaloa S.Pd., M.Pd dan sebagai bimbingan II Dr. Mohtar Kamisi, S.Pd., M.Si Penelitian ini di latar belakangi, masih kurangnya karakter madiri yang di miliki oleh peserta didik di kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternat ,maka dengan demikian pendidikan karakter Mandiri sangat penting untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Pkn, agar supaya dapat membantu karakter peserta didik yang lebih baik, terutama sikap Mandiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Strategi guru PPkn dalam menanamkan karakter kemandirian belajar kepada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Ternate. (2) untuk mengetahui Apa saja faktor - faktor yang mempengaruhi karakter kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate, metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi, Sedangkan subjek penelitian Kepsek, Guru Pkn,dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate Adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, hasil penelitian Juga dapat di gambarkan adalah (1). Bagaimana strategi guru PPkn dalam menanamkan karakter kemandirian belajar kepada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Ternate. pada pembelajara PPKn bahwa guru telah memahami karakter peserta didik dan melaksanakan Pendidikan nilai karakter dengan baik. (2) faktor - faktor yang dapat mempengaruhi karakter kemandirian belajar peserta didik faktor internal yaitu adat atau kebiasaan, kehendak atau kemauan, nalurin, upaya pelaksanaan yaitu menjalin komunikasi baik dengan orang tua peserta didik sebelum menerapkan Tindakan hukuman. sedangak faktor eksternal guru harus lebih tegas dan taat pada peraturan tata tertib yang berlaku agar peserta didik memiliki Perilaku karakter mandiri, terhadap tugas yang di berikan guru, berprilaku jujur dan sopan. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kemandirian
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:11 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:11 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |